Jawa Timur Adalah Provinsi qO

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibukotanya adalah Surabaya. Luas wilayahnya 47.922 km², dan jumlah penduduknya 37.070.731 jiwa (2005). Jawa Timur merupakan provinsi terluas diantara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat. Wilayah Jawa Timur juga meliputi Pulau Madura, Pulau Bawean, serta sejumlah pulau-pulau kecil di Laut Jawa dan Samudera Hindia. Ada banyak keunggulan Jawa Timur yang perlu untuk diketahui, yaitu :

Ditemukannya dan adanya sisa-sisa fosil Pithecantrhropus mojokertensis di Kepuhlagen-Mojokerto, Pithecanthropus erectus di Trinil, Ngawi, dan Homo wajakensis di Wajak, Tulungagung, dan hanya ada di Jawa Timur.
Jawa Timur memiliki jumlah kabupaten atau kota terbanyak di Indonesia sebanyak 29 kabupaten dan 9 kota.
Pemilik jumlah penduduk terbanyak kedua setelah Jawa Barat sebanyak 37.070.731 jiwa pada tahun 2005.
Adanya Ludruk. Ludruk merupakan seni panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki-laki yang menceritakan kehidupan sehari-hari rakyat jelata, yang seringkali dibumbui dengan humor dan kritik sosial, dan umumnya dibuka dengan tari remo dan parikan.
Terdapatnya reog ponorogo dan tari remo yang hanya ada di Jawa Timur yang merupakan kesenian tari.
Terdapatnya lima diantara sembilan para wali, antara lain: Sunan Ampel di Surabaya, Sunan Gresik di Gresik, Sunan Giri di Gresik, Sunan Drajat di Lamongan, dan Sunan Bonang di Tuban.
Pusat galangan pembuatan kapal terbesar di Indonesia yakni PT PAL di Surabaya.
Pusat industri kereta api yakni PT INKA yang bermarkas di Madiun.
Industri kerajinan kulit berupa tas dan sepatu di Tanggulangin.
Terdapat penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia, yaitu Blok Cepu di Bojonegoro.
Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah perguruan tinggi negeri terbanyak di Indonesia.
Jawa Timur juga dikenal sebagai provinsi yang memiliki pondok pesantren terbanyak hingga mencapai 1500 ponpes dan memiliki banyak pondok pesantren ternama, salah satunya adalah pondok pesantren Gontor.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.Soetomo di Surabaya dikenal sebagai rumah sakit terlengkap di Jawa Timur dan Kawasan Timur Indonesia.
Jawa Timur dikenal memiliki panorama pantai yang sangat indah.
Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah klub sepak bola profesional terbanyak di Indonesia.
Jawa Timur juga terdapat peninggalan sejarah pada era klasik. Situs Trowulan di Kabupaten Mojokerto, dulunya merupakan pusat Kerajaan Majapahit, terdapat belasan candi dan makam raja-raja Majapahit.
Penduduk Jawa Timur umumnya menganut perkawinan monogami. Sebelum dilakukan lamaran, pihak laki-laki melakukan acara nako'ake (menanyakan apakah si gadis sudah memiliki calon suami), setelah itu dilakukan peningsetan (lamaran). Upacara perkawinan didahului dengan acara temu atau kepanggih.
Untuk mendoakan orang yang telah meninggal, biasanya pihak keluarga melakukan kirim donga pada hari ke-1, ke-3, ke-7, ke-40, ke-100, 1 tahun, dan 3 tahun setelah kematian.
Pelabuhan Internasional Tanjung Perak adalah pelabuhan tersibuk di Indonesia nomor dua setelah tanjung priok.
Terdapat gunung Bromo yang terkenal berskala Internasional

0 komentar:

Posting Komentar