Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi


Teknologi
     Dalam sejarah peradaban kehidupannya, manusia sebagai makhluk yang berakal senantiasa berusaha  mendapatkan taraf hidup yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dalam proses pencapaian hal tersebut, manusia memanfaatkan kemampuan akal yang dimilikinya. Dengan usaha dan pengalaman yang ada, manusia mendapatkan/menghasilkan sebuah ilmu pengetahuan (knowledge). Setelah mempunyai ilmu pengetahuan manusia pun berusaha untuk menerapkan ilmu pengetahuan tersebut menjadi sesuatu yang nyata. Sesuatu yang berfungsi untuk mempermudah manusia dalam menjalani kehidupannya. Itulah teknologi. Teknologi merupakan sebuah hasil dari penerapan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mempermudah manusia dalam menjalani kehidupannya.
lukisan dinding di gua
Lukisan dinding di gua, peninggalan zaman prasejarah: Termasukkah dalam perkembangan teknologi informasi ?
     Informasi
Informasi erat kaitannya dengan kejadian, fakta, dan objek yang dapat dideskripsikan. Informasi sendiri dapat diartikan sebagai suatu hasil pengolahan data menjadi lebih bermakna. Sebagai contoh, rangkaian data yang didapatkan oleh wartawan stasiun televisi akan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi informasi yang bermakna. Informasi tersebut selanjutnya akan disebarluaskan oleh reporter melalui siaran berita. Abad 21 yang sedang kita jalani ini merupakan era informasi. Disebut sebagai era informasi dikarenakan informasi begitu banyak dan semakin mudah untuk didapatkan.
reporter berita
reporter berita
     Komunikasi
“We can not not to communicate”, pepatah tersebut menggambarkan secara lugas bahwa manusia selalu melakukan komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Komunikasi erat kaitannya dengan interaksi antara dua belah pihak atau lebih. Komunikasi dapat diartikan sebagai suatu aktifitas penyebaran informasi dari satu pihak ke pihak lain melalui suatu media. Berdasarkan hal tersebut, dalam melakukan komunikasi setidaknya ada empat komponen yang terlibat, yaitu :
  1. Komunikator, adalah pihak yang menyampaikan pesan/isi
  2. Komunikan, adalah pihak yang menerima pesan/isi
  3. Pesan/isi yang disampaikan
  4. Media, adalah perantara yang digunakan antara komunikator dan komunikan dalam penyampaian pesan
mesin cetak guttenberg
mesin cetak Guttenberg
     Jadi, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) itu apa sih ?
Berdasarkan pada pembahasan sebelumnya, sebenarnya dapat disimpulkan secara sederhana bahwa TIK merupakan segala sesuatu apapun yang dapat membantu manusia dalam penyampaian dan penyebarluasan informasi dengan menggunakan media komunikasi. Namun kesimpulan tersebut terlalu luas dan terlalu umum untuk digunakan di zaman sekarang. Pada zaman dulu, kertas mungkin menjadi salah satu perangkat TIK yang menjadi primadona masyarakat dunia. Lalu diikuti dengan ditemukannya mesin cetak oleh Guttenberg yang membuat para penulis di zaman itu tidak usah berpegal-pegal menulis buku :D . Sejarah perkembangan TIK terus bergulir hingga akhirnya sampai pada era internet.

0 komentar:

Posting Komentar